Online Marketplace for Indonesian Micro Small and Medium Enterprises Based on Social Media
Ahmad Anshorimuslim Syuhada, Windy
Gambetta
School of Electrical Engineering and
Informatics
Institut Teknologi Bandung
Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Indonesia memiliki karakteristik yang membedakan dari bentuk umum bisnis. Kategori dengan partisipan terbanyak adalah bisnis mikro. Namun, usaha mikro mengalami kesulitan dalam bidang pemasaran, yang dapat didukung dengan menggunakan perdagngan elektronik. Kesiapan peserta dalam menggunakan perdagangan elektronik masih sangat rendah karena tidak akrab teknologi. Riset ini akan menggambarkan analisis dari keadaan UMKM Indonesia. Penggunaan sosial media dalam bentuk Facebook Commerce menjadi baseis interaksi di pusat belanja. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan dan interaksi dan kabar mulut ke mulut melalui internet dan sosial media.
Ekonomi
Indonesia dalam UMKM berjumlah hingga 52 juta unit di tahun 2011 bernilai
hingga 60% GDP. Maka, pengembangan UMKM sangatlah penting. UMKM masih memiliki
kemampuan yan rendah dalam pemasaran.
Indonesia
adalah negara dengan pengguna terbesar ke-4 Facebook di dunia, dan ke-6 Twitter
di dunia. Hal inin merupakan kesempatan untuk mensosialisasikan dan
mempromosikan produk menggunakan media sosial.
Namun,
adopsi belanja elektronik di Inodnesia masih sangat rendah, dikarenakan
beberapa faktor yaitu rendahnya sumber
daya terdidik, kesadaran, dan sumber informasi. Di mata orang Indonesia, sosial
media masih terbatas penggunaannya dalam hiburan. Berdasarkan hal tersebut,
riset ini mengajukan desain perdagangan elektronik UMKM, dan akan menjawab:
Bagaimana pusat perbelanjaan online bisa dioptimalkan berdasarkan interaksi di
sosial media dan kesadaran teknologi UMKM? Sosial media menjadi target
dikarenakan pengaruh sosial dari pembelian dan meningkatkan kemudahan
penggunaannya.
Sosial
media digunakan karena tingginya jumlah pengguna dan menyediakan juga pasar
yang jelas dan kepercayaan dalam bentuk pemasaran mulut ke mulut. Facebook
& Twitter merupakan sosial media terbanyak penggunanya, Facebook
menyediakan interaksi pelanggan yang baik.
Pengetahuan
UMKM terhadap TI yang rendah, dapat diatasi dengan penggunaan SMS ataupun file
Microsoft Office. Perancangan desain ini diharap dapat membantu UMKM untuk
menggunakan teknologi dan meningkatkan kepercayaan pembeli dalam transaksi.
Komentar
Posting Komentar