Langsung ke konten utama

Pusat Perbelanjaan Online untuk Usaha Kecil Menengah Indonesia Berdasarkan Media Sosial


Online Marketplace for Indonesian Micro Small and Medium Enterprises Based on Social Media
Ahmad Anshorimuslim Syuhada, Windy Gambetta
School of Electrical Engineering and Informatics
Institut Teknologi Bandung

Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Indonesia memiliki karakteristik yang membedakan dari bentuk umum bisnis. Kategori dengan partisipan terbanyak adalah bisnis mikro. Namun, usaha mikro mengalami kesulitan dalam bidang pemasaran, yang dapat didukung dengan menggunakan perdagngan elektronik. Kesiapan peserta dalam menggunakan perdagangan elektronik masih sangat rendah karena tidak akrab teknologi. Riset ini akan menggambarkan analisis dari keadaan UMKM Indonesia. Penggunaan sosial media dalam bentuk Facebook Commerce menjadi baseis interaksi di pusat belanja. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan dan interaksi dan kabar mulut ke mulut melalui internet dan sosial media.

Ekonomi Indonesia dalam UMKM berjumlah hingga 52 juta unit di tahun 2011 bernilai hingga 60% GDP. Maka, pengembangan UMKM sangatlah penting. UMKM masih memiliki kemampuan yan rendah dalam pemasaran.
Indonesia adalah negara dengan pengguna terbesar ke-4 Facebook di dunia, dan ke-6 Twitter di dunia. Hal inin merupakan kesempatan untuk mensosialisasikan dan mempromosikan produk menggunakan media sosial.
Namun, adopsi belanja elektronik di Inodnesia masih sangat rendah, dikarenakan beberapa faktor yaitu  rendahnya sumber daya terdidik, kesadaran, dan sumber informasi. Di mata orang Indonesia, sosial media masih terbatas penggunaannya dalam hiburan. Berdasarkan hal tersebut, riset ini mengajukan desain perdagangan elektronik UMKM, dan akan menjawab: Bagaimana pusat perbelanjaan online bisa dioptimalkan berdasarkan interaksi di sosial media dan kesadaran teknologi UMKM? Sosial media menjadi target dikarenakan pengaruh sosial dari pembelian dan meningkatkan kemudahan penggunaannya.

Sosial media digunakan karena tingginya jumlah pengguna dan menyediakan juga pasar yang jelas dan kepercayaan dalam bentuk pemasaran mulut ke mulut. Facebook & Twitter merupakan sosial media terbanyak penggunanya, Facebook menyediakan interaksi pelanggan yang baik.
Pengetahuan UMKM terhadap TI yang rendah, dapat diatasi dengan penggunaan SMS ataupun file Microsoft Office. Perancangan desain ini diharap dapat membantu UMKM untuk menggunakan teknologi dan meningkatkan kepercayaan pembeli dalam transaksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Knowledge Management terhadap Produktivitas Organisasi: Studi Kasus di Koosar Bank of Iran

The impact of Knowledge Management on Organizational  Productivity: A Case Study on Koosar Bank of Iran Fatemeh Torabi, Jamal El-Den Universitas Putra Malaysia, Jalan Upm, 43400 Serdang, Selangor, Malaysia Universitas Charles Darwin, Ellengowan Dr, Casuarina NT0810, Australia Pengetahuan menjadi aset berharga bagi kebanyakan organisasi, pencarian untuk mengelola aset ini juga semakin populer di kalangan peneliti dan manajemen. Tujuan utama manajemen organisasi adalah memastikan penggunaan yang efektif dan efisien sumber daya seperti tenaga kerja, modal, bahan, energi dan informasi dalam usaha mereka untuk mencapai daya saing sekaligus untuk meningkatkan produktivitas yang harus dikelola. Dalam perubahan teknologi yang pesat saat ini, perusahaan terus berjuang untuk mempertahankan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi pasar dengan menyediakan produk dan layanan unggulan. Manajemen di organisasi meningkatkan fokus mereka pad...

Inisiatif Informasi Strategis dan Teknologi Komunikasi di Industri Perhotelan untuk Mendapatkan Keuntungan Kompetitif yang Berkelanjutan: Kerangka Kerja untuk Mengevaluasi Perspektif Respon yang Terlambat

Strategic Information and communication technology initiatives in hospitality industry to gain sustainable competitive advantage: a framework for evaluating the response lag perspective  Vivek Kumar Verma ,   Bibhas Chandra Department of Management Studies Indian school of mines Dhanbad Jharkhand India Lingkungan kompetitif berksala global sedang mengalami perubahan yang konstan, sehingga membutuhkan penerapan, perkembangan, dan peningkatan peran teknologi informasi di industri perhotelan. Dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional dan untuk menghasilkan IT (teknologi informasi) yang memberikan keuntungan bagi hotel, industri hotel terus melakukan adopsi dan pemanfaatan informasi dan komunikasi sistem dalam fungsi operasionalnya. Kepuasan pelanggan adalah hal penting bagi hotel agar bisa mendapatkan bisnis yang berulang; Oleh karena itu, hotel harus dapat mengadopsi alat komunikasi baru dan juga penggunaan tek...

Sebuah Studi Komprehensif dari CRM melalui Teknik Data Mining

Comprehensive Study of CRM through Data Mining Techniques Md. Rashid Farooqi dan Khalid Raza Department of Commerce & Business Studies, Department of Computer Science Central Unviersity Dalam dunia korporat yang sangat kompetitif, strategi Retensi Pelanggan di Manajemen Hubungan Konsumen (CRM) menjadi isu yang meningkat bahasannya. Data mining atau teknik penggalian data mempunyai peran vital dalam meningkatkan CRM. Riset ini membahas perspektif baru yang berfokus pada aplikasi data mining, serta kesempatan dan tantangan dalam CRM. Topik yang dibahas adalah retensi pelanggan, layanan pelanggan, penilaian risiko, deteksi penipuan dan penggunaan data mining yang umum digunakan dalam CRM. Data mining adalah disiplin yang terus berkembang yang berasal dari statistik dalam komunitas manajemen database, umumnya untuk penggunaan komersial. Data mining dipertimbangkan sebagai salah satu cabang statistic eksploratif di mana dapat ditemuk...