Inisiatif Informasi Strategis dan Teknologi Komunikasi di Industri Perhotelan untuk Mendapatkan Keuntungan Kompetitif yang Berkelanjutan: Kerangka Kerja untuk Mengevaluasi Perspektif Respon yang Terlambat
Strategic Information and communication technology initiatives in hospitality industry to gain sustainable competitive advantage: a framework for evaluating the response lag perspective
Vivek Kumar Verma, Bibhas
Chandra
Department of Management Studies
Indian school of mines
Dhanbad Jharkhand India
Lingkungan kompetitif berksala global sedang mengalami perubahan yang konstan, sehingga membutuhkan penerapan, perkembangan, dan peningkatan peran teknologi informasi di industri perhotelan. Dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional dan untuk menghasilkan IT (teknologi informasi) yang memberikan keuntungan bagi hotel, industri hotel terus melakukan adopsi dan pemanfaatan informasi dan komunikasi sistem dalam fungsi operasionalnya. Kepuasan pelanggan adalah hal penting bagi hotel agar bisa mendapatkan bisnis yang berulang; Oleh karena itu, hotel harus dapat mengadopsi alat komunikasi baru dan juga penggunaan teknologi yang mengacu pada pemahaman tentang kebutuhan pelanggan terkait dengan penyediaan fasilitas. Dalam keadaan tersebut, faktor yang memungkinkan hotel untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan serta faktor yang menghambat proses adopsi sistem harus dieksplorasi sehubungan dengan keterkaitannya terhadap kemungkinan timbulnya respon yang terlambat. Dengan demikian, tulisan ini difokuskan terhadap eksplorasi faktor hambatan dan faktor pendorong untuk dapat memperoleh keuntungan kompetitif yang didukung IT.
Perubahan
dinamis dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan
prospek pertumbuhan untuk industri hotel saat ini. ICT mendukung pengelola
hotel dan pengembang untuk lebih memahami kemajuan baru-baru ini, preferensi
konsumen, dan praktik pesaing. Terlepas dari penekanan terhadap penggunaan TIK
oleh para ahli perhotelan, beberapa manajer belum sepenuhnya melaksanakan
penerapan praktek TIK dalam organisasi mereka. Saat ini, layanan ICT hanya
digunakan sebagai alat baru untuk komunikasi
pemasaran dan manajemen, serta menjadi platform untuk sumber daya tambahan yang
berkaitan dengan pelanggan. Adanya ICT dapat menjadi pedang bermata dua. Respon
terhadap penghambat harus terus menerus dikaji dan dirancang ulang seiring
dengan perubahan situasi dan perlu disesuaikan dengan berjalannya waktu. Untuk
meraih keuntungan kompetitif yang berkelanjutan, para praktisi di bidang
perhotelan harus melakukan kerjasama dengan ahli di bidang ICT hotel untuk
mengevaluasi kesempatan penggunaan teknologi baru dan perancangan ulang sesuai
dengan penambahan yang dilakukan manajer hotel yang dapat menimbulkan
keuntungan melalui pemberian produk dan layanan ekslusif di website hotel untuk
,enarik lebih banyak pengguna dan membangun hubungan dengan customer lebih baik
lagi. Meskipun pengunaan ICT akan menguntungkan hotel, terdapat juga isu yang
perlu diperhatikan. Terkait dengan keamanan dan privasi data pribadi pelanggan
saat melakukan pemesanan hotel di website hotel. Contohnya, hotel harus
menerapkan pengamanan data menggunakan aplikasi SSL. Sebagai penutup, strategi
yang dapat menghasilkan keuntungan kompetitif yang berkelanjutan dapat dicapai
dengan penerapan inovasi ICT harus dapat dicoba dan divalidasi secara
komprehensif oleh industri hotel seiring berjalannya waktu.
Komentar
Posting Komentar