Langsung ke konten utama

Dampak Knowledge Management terhadap Produktivitas Organisasi: Studi Kasus di Koosar Bank of Iran

The impact of Knowledge Management on Organizational Productivity: A Case Study on Koosar Bank of Iran
Fatemeh Torabi, Jamal El-Den
Universitas Putra Malaysia, Jalan Upm, 43400 Serdang, Selangor, Malaysia
Universitas Charles Darwin, Ellengowan Dr, Casuarina NT0810, Australia


Pengetahuan menjadi aset berharga bagi kebanyakan organisasi, pencarian untuk mengelola aset ini juga semakin populer di kalangan peneliti dan manajemen. Tujuan utama manajemen organisasi adalah memastikan penggunaan yang efektif dan efisien sumber daya seperti tenaga kerja, modal, bahan, energi dan informasi dalam usaha mereka untuk mencapai daya saing sekaligus untuk meningkatkan produktivitas yang harus dikelola. Dalam perubahan teknologi yang pesat saat ini, perusahaan terus berjuang untuk mempertahankan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi pasar dengan menyediakan produk dan layanan unggulan. Manajemen di organisasi meningkatkan fokus mereka pada pengetahuan karyawan, serta pengalaman dan keahlian masa lalu dalam usaha mereka untuk berprestasi mencapai tujuan mereka Singkatnya, pengetahuan telah menjadi aset integral bagi kebanyakan fungsi organisasi. Manajemen pengetahuan menjanjikan terciptanya struktur yang tepat serta infrastruktur teknologi yang diperlukan dalam organisasi dan penempatan manusia dalam organisasi.  Penelitian ini meneliti peran berbagi pengetahuan "tacit" terhadap produktivitas organisasi. Dengan demikian, kerangka kerja dikembangkan dan hipotesis ditarik dan diuji. Hasil menunjukkan insight tentang peran berbagi pengetahuan dengan produktivitas organisasi. Survei yang dilakukan di Koosa Bank of Iran, menunjukkan bahwa
intensi karyawan untuk berbagi pengetahuan memiliki dampak positif secara langsung terhadap produktivitas. Selain itu, analisis penulis juga menunjukkan bahwa tidak hanya produktivitas yang akan meningkat sebagai hasil dari berbagi pengetahuan, tetapi  kontribusi inovatif karyawan juga meningkat sebagai akibat terpapar pengetahuan, keahlian, dan pengalaman orang lain.




Bagi banyak perusahaan, perubahan teknologi yang cepat merupakan salah satu tantangan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Jelas bahwa pengetahuan saat ini sudah menjadi faktor produksi yang paling penting, setelah tenaga kerja, tanah dan modal. Meski beberapa bentuk modal intelektual dapat dialihkan, internal pengetahuan organisasi tidak mudah untuk diikuti.
Tinjauan literatur menunjukkan faktor keberhasilan KM sangat terkait terhadap produktivitas organisasi dan daya saing. Makalah ini memberikan kontribusi pada bidang penelitian manajemen pengetahuan melalui pemahaman mereka, keterkaitan mereka dan peran pengetahuan untuk berbagi dalam mencapai produktivitas bisnis yang lebih baik. Hasil penelitian empiris juga menegaskan efek positif yang kuat (B = 0,936) tentang niat karyawan untuk berbagi praktik berbagi pengetahuan tentang organisasi (H3). Temuan juga mendukung adanya dampak Tacit & Explicit, pengetahuan tentang Inovasi Organisasi (B = 0,839) dan Daya Saing (B = 0,884).
Temuan penelitian ini dapat digunakan untuk memperbaiki praktik manajemen pengetahuan organisasi dan entitas pengetahua. Akhirnya, model konseptual KM yang diperkenalkan dalam riset ini merupakan awal yang berguna untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang beberapa konsep KM organisasi dan pengaruhnya terhadap daya saing dan inovasi perusahaan. Beberapa peneliti sebenarnya telah membuktikan adanya hubungan dengan pengetahuan Tacit & Explicit juga. Dalam tulisan ini, ditemukan pengaruh positif dari faktor – faktor inovasi organisasi dan daya saing terhadap tingkat produktivitas lebih tinggi diperiksa dan terbukti. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Manajemen Supply Chain pada Hubungan antara Enterprise System Resource Planning dan Kinerja Organisasi

Impact of Supply Chain Management on the Relationship between  Enterprise Resource Planning System and Organizational  Performance Hashem Salarzadeh Jenatabadi 1 , Hui Huang, Noor Azina Ismail, Nurulhuda Binti Mohd Satar   & Che Wan Jasimah bt Wan Mohamed Radzi Applied Statistics Department, University of Malaya, Malaysia Dua pilihan penting investasi IT yang manajer usahakan adalah manajemen rantai pasokan dan perencanaan sumber daya perusahaan. Pilihan ini dikenal dalam literatur yang relevan sebagai faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kinerja organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan perencanaan sumber daya perusahaan dan pengaruhnya terhadap kinerja organisasi melalui manajemen rantai pasokan. Artikel ini menunjukkan model baru yang dapat diterapkan pada perencanaan sumber daya perusahaan dengan manajemen rantai pasokan untuk kinerja organisasi yang optimal. Model persamaan struktural digunakan untuk menguj

Sebuah Studi Komprehensif dari CRM melalui Teknik Data Mining

Comprehensive Study of CRM through Data Mining Techniques Md. Rashid Farooqi dan Khalid Raza Department of Commerce & Business Studies, Department of Computer Science Central Unviersity Dalam dunia korporat yang sangat kompetitif, strategi Retensi Pelanggan di Manajemen Hubungan Konsumen (CRM) menjadi isu yang meningkat bahasannya. Data mining atau teknik penggalian data mempunyai peran vital dalam meningkatkan CRM. Riset ini membahas perspektif baru yang berfokus pada aplikasi data mining, serta kesempatan dan tantangan dalam CRM. Topik yang dibahas adalah retensi pelanggan, layanan pelanggan, penilaian risiko, deteksi penipuan dan penggunaan data mining yang umum digunakan dalam CRM. Data mining adalah disiplin yang terus berkembang yang berasal dari statistik dalam komunitas manajemen database, umumnya untuk penggunaan komersial. Data mining dipertimbangkan sebagai salah satu cabang statistic eksploratif di mana dapat ditemuk