Langsung ke konten utama

Sebuah Studi Komprehensif dari CRM melalui Teknik Data Mining


Comprehensive Study of CRM through Data Mining Techniques
Md. Rashid Farooqi dan Khalid Raza
Department of Commerce & Business Studies, Department of Computer Science
Central Unviersity

Dalam dunia korporat yang sangat kompetitif, strategi Retensi Pelanggan di Manajemen Hubungan Konsumen (CRM) menjadi isu yang meningkat bahasannya. Data mining atau teknik penggalian data mempunyai peran vital dalam meningkatkan CRM. Riset ini membahas perspektif baru yang berfokus pada aplikasi data mining, serta kesempatan dan tantangan dalam CRM. Topik yang dibahas adalah retensi pelanggan, layanan pelanggan, penilaian risiko, deteksi penipuan dan penggunaan data mining yang umum digunakan dalam CRM.


Data mining adalah disiplin yang terus berkembang yang berasal dari statistik dalam komunitas manajemen database, umumnya untuk penggunaan komersial. Data mining dipertimbangkan sebagai salah satu cabang statistic eksploratif di mana dapat ditemukan pola baru dan berguna melalui penggunaan algoritma baru dan klasik.

Aplikasi dari peralatan CRM memberikan dimensi baru. Meskipun terbukti bermanfaat, menggunakan data mining dalam CRM memberikan lebih banyak manfaat. Meskiun alat data mining pasarnya kecil, di saat yang bersamaan aplikasi data mining pasarnya berkembang secara eksponensial. Fokus utama riset ini adalah terhadap teknik retensi pelanggan untuk meningkatkan hubungan pelanggan via penggunaan Data Mining.

Data Mining akan mempercepat proses pencarian dalam database yang besar untuk mengekstrak pola beli pelanggan, mengklasifikasi pelanggan dalam grup yang membuat database dapat ditangani secara efisien.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak Knowledge Management terhadap Produktivitas Organisasi: Studi Kasus di Koosar Bank of Iran

The impact of Knowledge Management on Organizational  Productivity: A Case Study on Koosar Bank of Iran Fatemeh Torabi, Jamal El-Den Universitas Putra Malaysia, Jalan Upm, 43400 Serdang, Selangor, Malaysia Universitas Charles Darwin, Ellengowan Dr, Casuarina NT0810, Australia Pengetahuan menjadi aset berharga bagi kebanyakan organisasi, pencarian untuk mengelola aset ini juga semakin populer di kalangan peneliti dan manajemen. Tujuan utama manajemen organisasi adalah memastikan penggunaan yang efektif dan efisien sumber daya seperti tenaga kerja, modal, bahan, energi dan informasi dalam usaha mereka untuk mencapai daya saing sekaligus untuk meningkatkan produktivitas yang harus dikelola. Dalam perubahan teknologi yang pesat saat ini, perusahaan terus berjuang untuk mempertahankan keunggulan kompetitif melalui diferensiasi pasar dengan menyediakan produk dan layanan unggulan. Manajemen di organisasi meningkatkan fokus mereka pad...

Inisiatif Informasi Strategis dan Teknologi Komunikasi di Industri Perhotelan untuk Mendapatkan Keuntungan Kompetitif yang Berkelanjutan: Kerangka Kerja untuk Mengevaluasi Perspektif Respon yang Terlambat

Strategic Information and communication technology initiatives in hospitality industry to gain sustainable competitive advantage: a framework for evaluating the response lag perspective  Vivek Kumar Verma ,   Bibhas Chandra Department of Management Studies Indian school of mines Dhanbad Jharkhand India Lingkungan kompetitif berksala global sedang mengalami perubahan yang konstan, sehingga membutuhkan penerapan, perkembangan, dan peningkatan peran teknologi informasi di industri perhotelan. Dalam rangka meningkatkan efisiensi operasional dan untuk menghasilkan IT (teknologi informasi) yang memberikan keuntungan bagi hotel, industri hotel terus melakukan adopsi dan pemanfaatan informasi dan komunikasi sistem dalam fungsi operasionalnya. Kepuasan pelanggan adalah hal penting bagi hotel agar bisa mendapatkan bisnis yang berulang; Oleh karena itu, hotel harus dapat mengadopsi alat komunikasi baru dan juga penggunaan tek...