Comprehensive Study of CRM through Data Mining Techniques
Md. Rashid Farooqi dan Khalid Raza
Department of Commerce & Business
Studies, Department of Computer Science
Central
Unviersity
Dalam dunia korporat yang sangat kompetitif, strategi Retensi Pelanggan di Manajemen Hubungan Konsumen (CRM) menjadi isu yang meningkat bahasannya. Data mining atau teknik penggalian data mempunyai peran vital dalam meningkatkan CRM. Riset ini membahas perspektif baru yang berfokus pada aplikasi data mining, serta kesempatan dan tantangan dalam CRM. Topik yang dibahas adalah retensi pelanggan, layanan pelanggan, penilaian risiko, deteksi penipuan dan penggunaan data mining yang umum digunakan dalam CRM.
Data mining adalah disiplin yang
terus berkembang yang berasal dari statistik dalam komunitas manajemen
database, umumnya untuk penggunaan komersial. Data mining dipertimbangkan
sebagai salah satu cabang statistic eksploratif di mana dapat ditemukan pola
baru dan berguna melalui penggunaan algoritma baru dan klasik.
Aplikasi dari peralatan CRM
memberikan dimensi baru. Meskipun terbukti bermanfaat, menggunakan data mining
dalam CRM memberikan lebih banyak manfaat. Meskiun alat data mining pasarnya
kecil, di saat yang bersamaan aplikasi data mining pasarnya berkembang secara
eksponensial. Fokus utama riset ini adalah terhadap teknik retensi pelanggan
untuk meningkatkan hubungan pelanggan via penggunaan Data Mining.
Data Mining akan mempercepat proses
pencarian dalam database yang besar untuk mengekstrak pola beli pelanggan,
mengklasifikasi pelanggan dalam grup yang membuat database dapat ditangani
secara efisien.
Komentar
Posting Komentar